Connect with us

Pencuri Sarang Walet Senilai Ratusan Juta Tertangkap, Saat Beraksi Mereka Bawa Mobil

Kriminal

Pencuri Sarang Walet Senilai Ratusan Juta Tertangkap, Saat Beraksi Mereka Bawa Mobil

LUBUKLINGGAU,LK-Petugas Sat Reskrim Polres Lubuklinggau menangkap tiga pelaku pencurian sarang burung walet.

Ketiga pelaku yakni Andi Prana Wijaya (40) warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Andlu Banu Prawera (38) warga Merpati Kelurahan Bandung Kanan, Kecamatan Lubuklinggau Barat II dan Irsan (31) warga Jalan Garuda Merah Kelurahan Keputraan Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Ketiganya ditangkap, Pada Rabu (4/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB dirumahnya masing-masing.

“Kejadian pencurian tersebut terjadi pada 12 september sekitar pukul 07.00 WIB di jalan yos sudarso Kelurahan Talang Jawa SS Kecamatan Lubuklinggau Timur II,”kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono didampingi Kasat Reskrim AKP Rivow Lapu dan KBO Iptu Sudarno saat pres rilies, Senin (7/10/2019).

Dilanjutkan Kapolres, modus pelaku yakni Saat itu pelaku berjumlah empat orang menggunakan mobil Honda Brio dengan Nopol BG 1641 HG, lalu mereka masuk kerumah korban dengan cara masuk melalui ruko milik tersangka Andi.

Lalu mereka membobol tembok sarang burung walet menggunakan linggis, dongkrak, kayu dan gunting besi kemudian mengambil sarang burung walet seberat 12 kilogram.

“Akibat kejadian itu korban J mengalami kerugian sekitar 120 juta,”ungkapnya.

Kapolres menuturkan, jika dari hasil pengakuan ketiganya, mereka baru pertama kali melakukan pencurian sarang burung walet dan uang hasil curian tersebut sudah habis digunakan untuk keperluan pribadinya.

Namun terang Kapolres, pihaknya akan melakukan pengembangan lebih dalam lagi, sebab dari laporan yang ada sudah banyak korban melaporkan kejadian serupa.

“Untuk barang bukti yang diamankan dari ketiganya yakni mobil Honda Brio, dan linggis yang digunakan untuk menjalankan aksi,”ungkapnya.

Sementara satu lagi teman korban yakni Endo saat ini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO), dan akibat perbuatannya ketiga tersangka dapat dikenakan tindak pidana dalam pasal 363 KUHP.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top