Connect with us

Modus Baru, Penipu Nyamar Jadi Karyawan Telkomsel

Kriminal

Modus Baru, Penipu Nyamar Jadi Karyawan Telkomsel

MUSI RAWAS LK-Berbagai macam cara pelaku kejahatan menjalankan aksinya untuk mendapatkan uang, terbukti di wilayah Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, dengan cara modus baru yakni nyamar menjadi karyawan Telkomsel.

Namun ternyata, setelah diselediki pihak yang berwajib, kedua orang yang menjadi karyawan Telkomsel tersebut adalah penipu bukan karyawan Telkomsel yang sebenarnya.

Itula yang dilakukan oleh, Zainal Agusni Siregar (29) warga Kelurahan Mesat Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Anton Sujarwo (27) warga Kelurahan Durian Rampak, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, kepada Irwan Dwi Cahyono (29) warga Desa L Sidoharjo, Kecamatab Tugumulyo, Kabupaten Mura dikonternya 16.30 WIB, Senin (18/3/2019).

Namun, akhirnya kedua tersangka saat ini diringkus petugas Mapolsek Tugumulyo, di Desa L Sidoharjo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu (15/9/2019).

Berdasarkan informasi yang didapatkan kejadian penipuan kedua tersangka, bermula kedua tersangka datang kekonter korban, dan mengaku sebagai karyawan Telkomsel dengan menggunakan ID CARD palsu.

Kemudian, kedua tersangka menawarkan untuk pengisian saldo pulsa untuk dijual kembali kepada pelanggan. Selanjutnya, kedua tersangka mengimingi korban bonus pulsa jika mengisi saldo diatas Rp.1.000.000, akan mendapat bonus Rp.100.000.

Di karenakan kedua tersangka mengaku dari Telkomsel, lalu korban percaya dan membeli saldo pulsa senilai Rp.3.000.000. Kemudian tersangka yang bekerja sama dengan temannya berinisial RO yang berada di Palembang, untuk mengirimkan sms seolah-olah saldo masuk senilai Rp.3.300.000.

Selanjutnya, korban menyerahkan uang kepada tersangka, setelah kedua tersangka pergi dan korban hendak mengisi pulsa pelanggan, ternyata saldo pulsa korban kosong.

Kemudian, korban melaporkan kejadian yang dialaminya, ke Mapolsek Tugumulyo dengan harapan kedua tersangka bisa ditangkap.

Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kapolsek Tugumulyo, AKP Dedi Purma Jaya didampingi Kanit Reskrim, Bripka Aktamal saat dikonfirmasi membenarkan, adanya perkara tersebut, hanya saja kedua tersangka sudah ditahan dipolsek.

“Kami, menerima laporan dari korban, segera melakukan penyelidikan dan pengintian hingga berhasil meringkus kedua tersangka,” kata Dedi sapaanya didampingi Aktamal, Senin (16/9/2019).

AKP Dedi menjelaskan, tersangka diringkus saat hendak mencari mangsa, kemudian korban melihat keberadaan kedua tersangka langsung menghubungi Polsek Tugumulyo.

Kemudian anggota langsung melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap kedua tersangka. Hingga akhirnya dengan mudah tersangka diringkus.

” Dari tangan tersangka diamankan barang bukti (BB), diantaranya, satu unit sepeda motor merk yamaha N-Max, satu unit hp merk strawberry, dua buah ID CARD telkomsel palsu dan satu buah tas warna hitam yang berisikan formulir langganan telkomsel M-tronik,” tutup mantan Kapolsek Nibung ini.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top