Connect with us

Diduga Tak Senang Peralatan Dompeng Dibakar Polisi, Oknum Masyarakat Sabotase Jalur Sungai

Foto polisi saat menemukan peralatan dompeng milik Oknum, di Sungai Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara

Kriminal

Diduga Tak Senang Peralatan Dompeng Dibakar Polisi, Oknum Masyarakat Sabotase Jalur Sungai

MURATARA,LK-Polisi dari Polres Muratara, nelakukan penindakan tambang emas ilegal di bantaran Sungai Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara yang mengakibatkan kerusakan dan pencemaran Sungai Rupit dan Sungai Rawas.

Dari penindakan Petugas, pada Sabtu tanggal (6/8/2021) WIB sekitar pukul 15.00 WIB polisi berhasil mengamankan beberapa barang bukti dan sebagian dimusnakan.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto melalui Kasat Reskrim AKP Dedy Rahmat Hidayat mengatakan, dengan kuat personil berjumlah 40 personil, terdiri dari gabungan Sat Reskrim 15 orang, Sat Intelkam 6 orang, 13 Bintara Remaja, dan dari LPPAS Syamsul.

“Kita berangkat ke TKP melalui jalur sungai dengan menggunakan delapan unit bot atau ketek bermesin,”kata Kasat kepada wartawan saat pres rilies, Sabtu.

Lanjut Dedy, sekitar Pukul 07.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB, tim gabungan melakukan penindakan dan penertiban berupa pemusnahan, pembakaran terhadap alat mesin di lokasi.

Selain itu barang-barang yang digunakan untuk aktivitas Penambang Emas Ilegal sebanyak kurang lebih 21 titik.lokasi yang berada di aliran sungai Muara Tiku Kecamatan Karang Jaya yang dilewat.

“Pelaksanaan kegiatan penindakan penertiban terhadap pelaku aktivitas Penambang Emas Ilegal berhenti di daerah pemukiman dusun KNPI,”terang dia.

Hal tersebut disebabkan jalur untuk menuju lokasi tempat yang diperkirakan masih adanya masyarakat yang melakukan aktivitas Penambang Emas Ilegal terkendala, jalur sungai yang tidak bisa dilalui oleh ketek.

Dan dari penindakan,  Adapun Barang Bukti yang berhasil diamankan yaitu, dua Unit Genset Lampu, satu buah tabung gas Ukuru 3 Kilo, satu Kompor Gas, dua buah Jangkut, satu buah alat panggali tanah,  satu buah Alat untuk mengayak/mendulang Emas. Satu buah ember dan turut diamankan juga alat hisap.sabu.

“Kita juga menemukan  Dompet yang berisikan KTP Ari Siswanto berusia 20 tahun, warga Dusun III, Desa Muara Tiku, Kecamatan karang Jaya,”ujar dia.

Selanjutnya, sekita pukul 13.00 WIB pada saat personel akan kembali, adanya tindakan sabotase yang diduga dilakukan oleh oknum masyarakat yang melakukan aktivitas penambang emas dengan cara menebang kayu yang ada di pinggiran sungai.

Sehingga membuat ketek yang ditumpangi petugas tidak bisa dilewat, setelah dilakukan pembersihan terhadap pohon tersebut personel kembali ke Mako Polres Muratara.

“Giat penindakan selesai pukul 15.00 WIB bejalan dengan aman dan kondusif dan selanjutnya BB dibawa dan diamankan di Polres Muratara,”jelasnya.(rdw)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top