Connect with us

Diduga Lakukan Penipuan Pupuk Subsidi, Warga Lubuklinggau Dibekuk Jatanras Polda Sumsel

Kriminal

Diduga Lakukan Penipuan Pupuk Subsidi, Warga Lubuklinggau Dibekuk Jatanras Polda Sumsel

PALEMBANG LK – Seorang warga Lubuklinggau diamankan Unit 4 Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel pimpinan Kompol Zainuri lantaran diduga sudah melakukan penipuan pupuk subsidi.

Atas perbuatannya, sejumlah korban membuat laporan dan tersangka bisa meraup keuntungan hingga miliaran rupiah.

Tak hanya di Lubuklinggau, korban yang melaporkan perbuatan tersangka juga ada yang tinggal di Palembang.

Dikatakan tersangka Jumat (9/10/2020), tersangka melakukan penipuan melainkan hanya ingin menawarkan kerja sama dengan tetangganya untuk berjualan pupuk subsidi.

Menurut bapak satu anak ini, setelah berhasil menawarkan pupuk subsidi tersebut, banyak warga yang ingin ikut bergabung untuk menjualkan pupuk subsidi tersebut.

“Sudah dari itu banyak yang ikut pak, untuk satu orang biasanya paling kecil 18 juta, itu untuk 8 ton pupuk. Aku mulai itu pada Oktober 2019 lalu, awalnya lancar aja, tapi setelahnya pada Maret lalu mulai macet,” kata tersangka saat diamankan, Jumat (9/10/2020).

Bukannya semakin untung dengan hasil penjualan pupuk tersebut, tersangka justru kewalahan saat uang hasil penjualannya habis untuk membayar fee kepada kaki-kakinya yang ikut bergabung memasarkan produk tersebut.

“Macetnya karena habis bayar fee karena untuk kaki pertama dibayar 1 juta, kaki yang kedua dibayar 500 ribu. Jadi gali lobang tutup lobang. Di Linggau ada 7 orang dan Palembang tiga, dari 10 orang ini ada lagi banyak makanya bisa sampai ratusan juta,” lanjut pria berbadan gemuk ini.

Dikatakannya, setidaknya dalam tempok sebulan, order pupuk subsidi yang didapatnya bisa mencapai 300 ton.

Dari hasil ini, setidaknya sehari tersangka bisa meraup untung hingga 80 juta.

Setidaknya tersangka mendapat untung sebanyak 270 juta yang mana uangnya tersebut dipakai tersangka untuk memenuhi keinginannya.

“Aku masih dapat untung 270 juta. Nah uangnya itu aku gunakan untuk DP mobil terus aku juga beli tanah tiga kapling dan beli motor,” lanjutnya.

Sementara itu, Kasubdit 3 Jatanras Polda Sumsel, Kompol Suryadi mengatakan bahwa Jatanras berhasil mengamankan satu orang tersangka yang melakukan penipuan hingga 40 Miliar dengan bermoduskan penjualan pupuk bersubsidi.

“Kalau dari informasi yang kita dapat ada beberapa investor yang menjadi korban penipuan yang dilakukan tersangka.

Dia ini modusnya mengajak orang yang dia kenal , dari orang tersebut, mereka mengajak orang lagi hingga ratusan orang yang sudah terkumpul,” kata Suryadi.

Dikatakannya, sudah ada empat orang yang melapor dan pihaknya juga sudah menarik dua laporan kepolisian dari Polres Lubuklinggau.

“Uang yang di dapat dari Investor ini habis untuk membayar fee. Sebenarnya dia ini juga rugi tidak dapat untung karena sistemnya gali lobang tutup lobang karena untuk membayar fee.

Selain itu juga tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka lagi, inilah yang masih kita dalami,” kata Suryadi.(Sripoku.Com/Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top