Connect with us

Bakar Lahan 4 Hektare, Minal Mendekam di Balik Jeruji

Kriminal

Bakar Lahan 4 Hektare, Minal Mendekam di Balik Jeruji

MUSI RAWAS LK-Anggota Polsek BTS Ulu, meringkus, terduga pelaku pembakaran lahan milik, HI dan menjalar ke PT PHML, di Desa Pelawe, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Mura, sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (23/9/2021).

Diketahui identitas tersangka, Minal (52) warga, Desa Pelawe, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Mura. Tersangka dibekuk di TKP, di Desa Pelawe, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Mura, sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (23/9/2021).

Kapolres Mura, AKBP Efrannedy melalui Kapolsek BTS Ulu, AKP Hendri Agus saat dikonfirmasi, membenarkan adanya perkara tersebut, namun yang bersangkutan sudah diringkus dan ditahan di Polres Mura.

“Tersangka, Minal terpaksa kami tahan, karena terlibat dalam perkara pembakaran lahan, dan kita ketahui siapa saja yang dengan sengaja membakar lahan akan dikenakan sanksi pidana,” kata Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, diketahui perkara pembakaran lahan tersebut bermula, pelaku membakar lahan dengan menggunakan obor bambu yang diberi sumbu sabut kelapa dan dikasih minyak solar.

Lahan yang dibakar milik, HI, namun api tersebut menjalar ke kebun milik PT. PHML dan atas kejadian tersebut PT. PHML mengalami kerugian terbakarnya 8 batang pohon kelapa sawit dan menuntut sesuai hukum yang berlaku.

Setelah mendapat informasi adanya pembakaran lahan dari pihak perusahaan, sesuai laporan polisi LP / B / IX/ 2021 /SUMSEL / RES. MURA / SEK. BTS Ulu, Tanggal 23 September 2021.

Kemudian, diperintahkan kepada anggota Polsek BTS Ulu, untuk melakukan pengecekan kelokasi dan sekligus melakukan penyelidikan.

Dan, kebetulan tersangka berada dilokasi, tanpa pikir panjang anggota langsung meringkus tersangka dan saat diintrogasi tersangka mengakui perbuatannya.

“Selain tersangka, anggota juga mengamankan BB diantaranya, tiga batang obor yang terbuat dar bambu dengan sumbu sabut kelapa yang dikasih solar, satu buah korek api gas, serta abu pembakaran lahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim, AKP Alex Andriyan usai pelaksanaan Press Release, Senin (27/9/2021), lalu di Mapolres Mura, mengatakan bahwa luas lahan yang dibakar lebih kurang 4 hektare.

Dan, lahan tersebut milik HI dan merambat ke PT PHML, namun HI dan pelaku lainnya berhasil kabur saat anggota kelokasi.

“Tersangka melakukan pembakaran, rencananya akan ditanami sawit, dan nanti sistemnya bagi hasil bersama HI,” ucap Kasat.

Kasat menghimbau, kepada masyarakat Kabupaten Mura, untuk tidak membuka lahan, dan kebun dengan cara dibakar, sebab menimbulkan asap, dan pastinya perbuatan tersebut melanggar hukum, sesuai dengan atensi presiden.

“Maka dari itu, akan ditindak tegas,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top