Connect with us

Kesenian Sisingaan Masih di Budayakan

TAMPIL: Tim kesenian Sisingaan Desa Marga Sakti, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Mura saat tampil peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 sekaligus meresmikan Kampung Sejahtera Mandiri di Desa Y Ngadirejo, Rabu (4/12/2019).

Culture

Kesenian Sisingaan Masih di Budayakan

MUSI RAWAS LK-Salah satu kesenian yang saat ini masih di lestarikan oleh masyarakat Kabupaten Musi Rawas (Mura), Desa Marga Sakti, Kecamatan Muara Kelingi, adalah Singa Depok (Sisingaan).

Hal tersebut terlihat saat anggota kesenian Sisingaan tampil di peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 sekaligus meresmikan Kampung Sejahtera Mandiri di Desa Y Ngadirejo, Rabu (4/12/2019).

Wakil Ketua Sisingaan Desa Marga Sakti, Wahyu mengatakan bahwa sebenarnya kesenian ini sudah berdiri lebih kurang tujuh tahun dan saat ini ada 40 anggota.

“Sudah lama, hampir tujuh tahun ini berdiri dan sampai saat ini masih bertahan,” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, kesenian Sisingaan ini merupakan kesenian berasal dari Jawa, namun di daerah Jawa lebih dikenal dengan Singa Depok.

Wujud kesenian ini yakni tim kesenian naik keatas singa-singaan, kemudian dipanggul tim lainnnya, dipandui dengan tarian serta atrakai pencak silat.

“Jadi selain, tarian dan atraksi pencak silat diperagakan saat pertunjukan gelar kesenian,” ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan, kesenian Sisingaan ini biasanya tampil saat acara pernikahan, sunatan maupun dalam penyambutan acara besar serta undangan acara perayaan-perayaan.

“Masih, sering tampil kalau diundang serta dalam acara besar,” tutupnya.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Culture

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top